Keuntungan Menggunakan Coworking Space Sebagai Sewa Kantor Jakarta

akhir – akhir ini semakin mudah dijumpai seiring dengan semakin berkembangnya bisnis startup, khususnya di Indonesia. Ruang kerja ini menjadi solusi bagi para pemilik bisnis startup yang sedang berkembang karena biaya sewanya jauh lebih murah dibandingkan gedung perkantoran pada umumnya. Walaupun dari segi biaya lebih murah, namun fasilitas dan kenyamanan yang akan didapatkan tidak kalah dengan ruang perkantoran pada umumnya. Dengan menyewa coworking space, sebenarnya ada beberapa keuntungan tambahan non materi yang dapat dioptimalkan untuk kemajuan startup Anda yaitu sebagai berikut:

Gambar terkait

1. Lingkungan Kerja Nyaman dan Kondusif

Bagi Anda yang pernah mengalami bekerja dari rumah. Anda mungkin akan mengerti berbagai macam gangguan yang mungkin terjadi saat Anda sedang bekerja. Tetapi jika Anda beraktivitas dan bekerja di dalam coworking space, Anda dapat merasakan atmosfer bekerja seperti di sebuah kantor tetapi menawarkan fleksibilitas yang lebih tinggi. Tidak hanya itu saja, suasana kerja yang mendukung dan kehadiran rekan kerja walaupun tidak berasal dari perusahaan yang sama ternyata dapat meningkatkan mood atau suasana hati untuk bekerja. Hasilnya, suasana tersebut juga berdampak pada produktivitas kerja yang ikut meningkat.

2. Berbagi Wawasan Dengan Para Penghuni Lain

Biasanya sebuah coworking space digunakan oleh sejumlah perusahaan yang memiliki spesialisasi berbeda. Tentu ini bukan sesuatu yang buruk untuk Anda. Pasalnya dengan melakukan interaksi dengan mereka, Anda tidak hanya sekedar dapat berbagi ilmu tetapi juga memperoleh pengetahuan baru dari bidang keahlian mereka. Misalnya jika sebelumnya Anda sama sekali tidak bisa melakukan coding, setelah belajar dan berdiskusi dengan programmer yang sama – sama bekerja di coworking space akan membuat Anda sedikit – sedikit belajar coding.

Selain memperoleh wawasan dari berbagai bidang lain, para penghun lain di coworking space yang memiliki bidang serupa dengan startup Anda juga dapat memberitahu mengenai kesalahan yang mungkin terjadi dalam startup Anda misalnya

  • cara marketing,
  • manajemen proyek,
  • pendanaan,
  • dan lain sebagainya.

3. Membangun Komunitas Baru dan Membuka Peluang Usaha Lain

Masih mengenai aspek sosial, ketika Anda bertemu dengan banyak orang, Anda memiliki kesempatan untuk menambah jaringan sosial. Interaksi sosial yang variatif juga akan semakin memperbesar peluang usaha baru bagi Anda dan mendapatkan tawaran kerja sama dalam protek baru. Lebih jauh, Anda dapat membuat sebuah komunitas yang memiliki tujuan sama dengan sesama anggotanya. Hal ini bertujuan agar saat startup yang dikerjakan kurang berhasil, Anda memiliki tujuan lain yakni memajukan komunitas yang sudah dibangun selama bekerja di coworking space.

4. Masuk Ke Radar Media

Sebuah startup memerlukan exposure dari media. Hal ini diperlukan untuk memperkenalkan layanan atau produk mereka kepada masyarakat. Semakin banyak orang yang mengetahui produk startup Anda, maka akan semakin besar pula kemungkinan startup Anda untuk menjaring pengguna baru. Dengan coworking space di Jakarta, kesempatan Anda bertemu dengan media juga akan semakin besar. Pasalnya banyak coworking space menyediakan event startup yang banyak menarik perhatian media. Di sisi lain, banyak juga media yang memang sengaja ingin berkunjung dan mengulas coworking space serta mengenal lebih dekat startup yang bekerja di sana. Setelah memperoleh exposure, Anda juga dapat meminta saran dan validasi dari mereka mengenai peluang startup yang dijalankan.

5. Mendapatkan Semua Kebutuhan Untuk bekerja

Coworking space di Jakarta telah menyediakan hal – hal yang akan Anda butuhkan saat bekerja mulai dari pemenuhan kebutuhan untuk mencetak dokumen, mendapatkan camilan dan secangkir kopi, atau melakukan pertemuan dengan rekan bisnis atau klien dari negara asing. Selain itu, tersedia pula ruang khusus rapat, ruang presentasi, hingga konferensi panggilan video dapat Anda manfaatkan untuk kepentingan bisnis Anda. Jadi Anda dijamin tidak akan kesulitan terkait sarana dan prasarana ketika bekerja untuk mengembangkan startup yang Anda miliki.

Memang bekerja di sebuah coworking space memerlukan biaya tambahan. Tetapi dengan melihat keuntungan yang ada, semua biaya yang dikeluarkan itu tentu memberikan hasil yang sepadan. Tetapi pastikan Anda memilih coworking space di Jakarta yang menawarkan sarana dan prasana lengkap untuk Anda.